ANALISIS DAN STRATEGI MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN: STUDI TEORITIS DAN PRAKTIS DI BERBAGAI FASILITAS KESEHATAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47701/ovum.v4i2.3951

Keywords:

manajemen mutu, pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, efisiensi operasional, kebijakan kesehatan

Abstract

Penelitian ini menganalisis dan menyusun strategi manajemen mutu pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah utama dalam pelayanan kesehatan, menerapkan metode manajemen mutu, serta mengevaluasi hasil penerapan tersebut. Metode yang digunakan mencakup studi teoritis dan praktis, dengan pengumpulan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepuasan pasien dan efisiensi operasional setelah penerapan strategi manajemen mutu. Kesimpulannya, manajemen mutu yang efektif dapat meningkatkan daya saing sektor kesehatan Indonesia secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi manajemen mutu dalam kebijakan kesehatan nasional.

References

Alfiana, A.T. 2019. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Tingkat IV Kota Madiun Tahun 2019. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Bakobat, H., Wullur, M. & Sumarauw, J.S.B. 2021. Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung. Journal of Nursing Management, 9(4): 622–631. Tersedia di https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36492.

Budiman, A. & Yudiansyah, R. 2024. Manajemen Patien Safety dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien. Jurnal Studi Islam dan Humaniora (Al - Mikraj), 5(1): 239–248.

Idris, H. 2019. Mutu Pelayanan Kesehatan. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan UNSRI.

Kholik, K., Sari, M.T., Hajar, S., Saputra, A. & Saragih, I.J. 2022. Dimensions of Quality Health Services Based on Quality Management at the Medan City Health Center. Jurnal Sinar Manajemen, 9(3): 496–506.

Komaling, P.E., Rumayar, A.A. & Engkeng, S. 2023. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 12(1): 79–85.

Kosasih, K. & Paramarta, V. 2020. Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Jurnal Soshum Insentif, 67–76.

Lestari, R., Nasution, N.M., Saphira, S.J. & Agustina, D. 2023. Manajemen Strategi Mutu Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas. ARRAZI: Scientific Journal of Health, 1(1): 10–17. Tersedia di https://journal.csspublishing.com/index.php/arrazi/article/view/205%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/arrazi/article/download/205/135.

Megatsari, H., Laksono, A.D., Ridho, I.A., Yoto, M. & Azizah, A.N. 2018. Perspektif Masyarakat tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 4(21): 247–253.

Mundung, R., Wowor, R. & Maramisi, F.R.R. 2019. Pengaruh Persepsi Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Motoling Barat. Fakultas Kesehatan Masyaralat Universitas Sam Ratulangi Manado, 53(9): 1689–1699. Tersedia di https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/27234/26800.

Paraisu, W.M.M.S. & Mulyanti, D. 2023. Theoretical Review Study: Peran Dan Fungsi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. DIAGNOSA: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Keperawatan, 1(1): 46–52.

Ramadhan, F.A. & Muslihat, H.A. 2024. Analisis Tingkat Penerapan Manajemen Mutu Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3): 252–260.

Rozi, V.F. & Hartati, N. 2017. Analisis Manajemen Mutu Pelayanan Pada Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Provinsi Bengkulu. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01: 1–7.

Sumiati, Dinata, A.S. & Agustina, D. 2023. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(September): 2714–2718.

Supitra, Y.M. & Kusumawardhani, O.B. 2023. Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit: Literature Review. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional, (2018): 148–153.

Utari, I.A.L.A. & Mulyanti, D. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. Jurnal Kesehatan Amanah, 7(1): 51–60.

Vidiarti, Y. & Mulyanti, D. 2023. Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 2(2): 101–107.

Yunike, Y., Tyarini, I.A., Evie, S., Hasni, H. & Suswinarto, D.Y. 2023. Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(1): 183–189.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

ANALISIS DAN STRATEGI MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN: STUDI TEORITIS DAN PRAKTIS DI BERBAGAI FASILITAS KESEHATAN. (2024). OVUM : Journal of Midwifery and Health Sciences, 4(2), 57-70. https://doi.org/10.47701/ovum.v4i2.3951