PENGARUH FLASH SALE PROMOTION DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE

Authors

  • Pratama Evan Satya
  • Kartika Imasari Tjiptiodjojo

Keywords:

Flash Sale Promotion, Discount, Minat Beli

Abstract

E-commerce kini sudah menjadi bagian dari perilaku belanja masyarakat. Kehadiran aplikasi marketplace online membuat masyarakat lebih mudah untuk menjalankan bisnis dengan anggaran yang rendah namun pangsa pasarnya lebih luas. Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce  yang bersaing untuk memperebutkan pasar masyarakat Indonesia. Shoppee merupakan perusahaan yang pertama kali meluncurkkan online flash Sale, dimana Shopee meluncurkan 9.9 Super Shopping Day pada tahun 2016 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh flash sale promotion dan discount terhadap Minat Beli di Shopee. Sample yang diteliti adalah konsumen Shopee di kota Bandung yang belum pernah melakukan pembelian flash sale dan discount. Item pertanyaan yang ada dalam penelitan ini adalah 15 item maka ukuran sampel berjumlah 75, namun peneliti membulatkan sampel menjadi 100. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh flash sale promotion terhadap minat beli sebesar 45,5% dan terdapat pengaruh discount terhadap minat beli sebesar 37% .

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

PENGARUH FLASH SALE PROMOTION DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE. (2025). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 3(1), 412-419. https://www.ojs.udb.ac.id/HUBISINTEK/article/view/2690

Similar Articles

11-20 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.